Senin, 18 April 2016

PERBEDAAN KONVENSIONAL VS SYARIAH

PERBEDAAN BANK KONVENSIONAL DENGAN BANK SYARIAH
Dewasa ini banyak mempertanyakan, apa sih perbedaan yang sebenarnya tentang ekonomi syariah dan ekonomi konvensional terutama dibank syariah dan bank konvensional sendiri ?
Banyak orang yang mengatakan bank konvensional dan bank syariah itu sama saja , Cuma yang membedakan hanyalah namanya saja, yang pertama konvensional dan yang kedua syariah. Dan banyak yang mengatakan juga praktek dalam bank syariah itu sama persis seperti bank konvensional lainya, banyak juga yang mengatakan mengapa bank syariah membawa nama-nama ayat alqur’an serta hadist dalam hukum syariahnya tersebut.
Pada kesempatan  ini saya akan membahas apa perbedaan bank konvensional dengan bank syariah yang sebenarnya yang mungkin bisa menjawab pertanyaan dari beberapa yang mempertanyakan hal tersebut.
                Secara umum perbedaan bank konvensional dan bank syariah yang pertama adalah pada system akad bank konvensional penentuan suku bunga dibuatpada waktu akad dan pedoman harus selalu untuk pihak bank ,sedangkan pada bank syariah penentuan besarnya resiko bagi hasil dibuat pada waktu akad dengan berpedoman pada kemungkinan untung dan ruginya. Kedua, pada bank konvensional, besarnya presentase berdasarkan pada jumlah uang (modal) yang dipinjamkan, sedangkan pada bank syariah besarnya nisbah bagi hasil berdasarkan pada jumlah keuntungan yang diperoleh. Ketiga, jumlah pembayaran pada bank konvensional pembayaran bunganya tidak meningkat meskipun jumlah keunungan berlipat ganda saat keadaan ekonomi membaik, sedangkan jumlah pembagian bagi hasil meningkat sesuai dengan peningkatan jumlah pendapatan terjadi pada bank konvensional. Keempat, bank konvensional menerima beban pembayaran bunga pada nasabah, walaupun kondisi perekonomian tidak stabil, sedangkan pada bagi hasil dbank syariah tergantung pada keuntungan proyek yang dijalankan, jika proyek itu tidak mendapatkan keuntungan maka kerugian akan ditanggung bersama oleh kedua pihak antara nasabah dan bank tersebut.
                Dan ada beberapa perbedaan lagi yang penting dalam perbedaan bank konvensional dan bank syariah , yaitu yang pertama  akad bank syariah dengan bank konvensional memiliki perjanjian atau akad yang berbeda sesuai dengan landasanya masing-masing. Bank konvensional dibuat sesuai dengan perjanjian yang berpatokan terhadap hukum positif, sedangkan akad perjanjian bank syariah sesuai dengan syariat islam. Dalam bank syariah sendiri mempunyai ketentuan seperti rukun dan adanya syarat. Rukun yang dimaksud disini adalah berupa ijab qobul antara penjual dan pembeli harga dan barang. Sedangkan, syarat sendiri dari sifat barang maupun jasa yang harus halal, dan juga harga barang maupun jasa juga harus yang jelas. Kedua, bunga dan bagi hasil pada bank syariah sendiri menerapkan system pada pendapatan usahanya. Bank syariah mengharamkan riba dan lebih mendorong system bagi hasil. Meskipun tujuan keduanya sama yaitu ingin memperoleh keuntungan dari pemilik dana, akan tetapi caranya berbeda. Adapun perbedaan bagi hasil dan bunga bank adalah sebagai berikut :

·         Bagi hasil, biasanya jumlahnya dibuat ketika waktu akad atau perjanjian berdasrkan pedoman yang berpatokan pada keuntungan dan kerugian. Besarnya bagi hasil ini ditentukan dengan berdasarkan keuntungan yang akan diperoleh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKALAH

MATERIAL HANDLING

MATERIAL HANDLING DAN TIPE TIEP LAYOUT SERTA PENENTUAN LAYOUT SECARA MAKSIMAL  Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Tugas pada Mata Kuliah M...