Kamis, 08 Maret 2018

REVIEW JURNAL EKONOMI INTERNASIONAL Pengaruh Market To Book Value dan Likuiditas Terhadap Keputusan Hedging pada Perusahaan Manufaktur di BEI

REVIEW JURNAL

Judul
Pengaruh Market To Book Value dan Likuiditas Terhadap Keputusan Hedging pada Perusahaan Manufaktur di BEI[13]
Jurnal
E-Jurnal Manajemen
Volume, Nomor & Halaman
Vol. 5, No. 1, Hal. 355-384
Tahun
2016
Penulis
Ni Komang Reni Utami Dewi & Ni Ketut Purnawati
Reviewer
Bachtiar Rifa’i                        (2013112188)
Islahul Qonitah                       (2013114193)
Aris Munandar                        (2013114203)
LailatusSiami                          (2013114200)
Tujuan Penelitian
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh market to book value terhadap keputusan hedging pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia dan untuk mengetahui pengaruh likuiditas terhadap keputusan hedging pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia.
Subjek Penelitian
Subjek penelitian ini adalah 6 perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia yang menggunakan hedging.
Metode Penelitian
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi non prilaku. Data dikumpulkan dengan cara mengamati serta mencatat, dan mempelajari uraian-uraian dari buku, karya ilmiah berupa jurnal, skripsi, tesis, dokumen-dokumen yang terdapat dalam Indonesian Capital Market Directory (ICMD) dan annual report pada periode pengamatan, serta mengambil data melalui internet yang terkait dengan penelitian ini, seperti melalui website www.idx.co.id.
Variabel Dependen
Variabel dependen (Y) yang digunakan dalam penelitian ini adalah Forward Contract.
Forward Contract adalah persetujuan untuk membeli atau menjual suatu aset di masa depan pada harga yang disepakati. Atau dapat juga diartikan futures contractyang disesuaikan dengan kebutuhan (Madura, 2009:147)
Karakteristik dari forward Contract yaitu tidak perlu transfer tunai pada awal transaksi dimana transfer tunai hanya dilakukan pada saat jatuh tempo, mengandung risiko kredit, kontrak dibuat dengan kebutuhan dua pihak, digunakan khusus untuk hedging dan kontrak pada umumnya untuk jangka pendek.
Cara Mengukur Variabel Dependen
Pada penelitian ini forward contract dihitung dengan mengalikan  forward rate dengan nilai hutang impor perusahaan.
Variabel Independen
Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu; X1 = Market to book value dan X2 = Likuiditas.
Hasil Penelitian
Bahwa market to book value (MTBV) secara signifikan berpengaruh positif  terhadap keputusan hedging. Ini berarti setiap peningkatan MTBV akan mengakibatkan nilai forward contract ikut meningkat. Likuiditas secara signifikan berpengaruh negatif terhadap keputusan hedging. Ini berarti setiap peningkatan likuiditas akan mengakibatkan forward contract menjadi menurun.
                                                                                                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKALAH

MATERIAL HANDLING

MATERIAL HANDLING DAN TIPE TIEP LAYOUT SERTA PENENTUAN LAYOUT SECARA MAKSIMAL  Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Tugas pada Mata Kuliah M...