LAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
JURUSAN S1 EKONOMI SYARIAH
DI KOPENA CABANG KUSUMA BANGSA

I.
HALAMAN
JUDUL
Disusun Oleh:
ISLAKHUL QONITAH
2013114193
JURUSAN EKONOMI SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM (FEBI)
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
PEKALONGAN
Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN
Pekalongan Semester Genap Tahun Akademik 2017 – 2018 di Kopena Cabang Buaran
Pekalongan, mulai tanggal 02 januari – 02 februari Oleh:
1.
Islakhul Qonitah 2013114193
Ini Telah dikonsultasikan dan diketahui oleh
Dosen Pembimbing dan Pimpinan Perusahaan/Instansi/Lembaga Keuangan Syariah
serta disahkan oleh Ketua Jurusan
Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan pada:
Hari :
……………………………
Tangga l : ……………………………
|
|
Mengetahui,
An. Dekan
Ketua Jurusan Ekonomi Syariah
Agus Fakhrina, M.SI.
NIP. 197701232003121001
KATA PENGANTAR
Puji Syukur kami panjatkan kehadiran Allah SWT
yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis, sehingga penulis
dapat melaksanakan dan menyelesaikan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada
KOPENA cabang Kusuma Bangsa. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan pada
Tanggal 2 Januari- 2 Ferbruari 2018, telah memberikan banyak pengalaman dan
ilmu yang bermanfaat kepada penulis.
Kami mengucapkan trimakasih yang
sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan
laporan Praktik Pengalaman Lapangan ini. Penulis menyadari dalam penyusunan
laporan ini , masih banyak kekurangan dan kelemahan yang dimiliki penulis. Maka
dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak yang
bersifat membangun demi menyempurnakan laporan ini. Semoga laporan ini
bermanfaat bagi rekan-rekan kampus, instansi dan pihak-pihak yang membutuhkan
lainnya.
Pekalongan, Februari 2018
Penyusun
LEMBAR UCAPAN TERIMAKASIH
Dalam kesempatan ini kami mengucapkan terimaksih
kepada semua pihak-pihak yang telah membantu dan membimbing serta memotivasi
penulis dalam penyusunan laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), antara lain
kepada:
1. Bapak Prof. Dr. H. Ade Dedi
Rohayana, M. Ag., selaku Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.
2. Bapak Agus Fahrina, M.SI.,
selaku Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.
3. Bapak Ali Amin Isfandiar, M.
Ag, selaku Dosen Pembimbing Lapangan Prakrik Pengalaman Lapangan (PPL).
4. Bapak Addin Hidayat Selaku
pemimpin Kopena Cabang Kusuma Bangsa sekaligus Pembimbing PPL.
5. Seluruh staf KOPENA cabang
Kusuma Bangsa, terimaksih atas bimbingan dan ilmu-ilmu yang telah diberikan
kepada penulis selama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).
6. Teman-teman yang melaksanakan
PPL bersama di KOPENA pekalongan
7. Serta pihak-pihak yang telah
membantu dan memotivasi hingga tersusunnya laporan ini.
DAFTAR ISI
LEMBAR UCAPAN TERIMA
KASIH…………………………………………………………………………iv
BAB III31
PENUTUP31
B. Saran31
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan penerapan suatu teori manajemen
keuangan syariah yang secara konkrit tidak terpisahkan dari kurikulum Prodi S1
Ekonomi Syariah Jurusan Syariah STAIN Pekalongan. PPL ini dirancang untuk
meningkatkan keterampilan yang lebih riil yang diperoleh dengan terjun langsung
ke dunia usaha dan lembaga keuangan syariah. Oleh karena itu, pada praktiknya
PPL memerlukan kemampuan pengetahuan sekaligus keterampilan teknis yang berkaitan
dengan aplikasi teori yang telah dipelajari oleh mahasiswa selama di bangku
kuliah.
Secara
akademis, PPL merupakan mata kuliah keahlian yang harus diambil oleh seluruh
mahasiswa Program Studi S1 Ekonomi Syariah. PPL ini diharapkan bermanfaat,
yaitu pertama bagi lembaga pendidikan IAIN Pekalongan dalam rangka
mengembangkan secara riil dunia usaha dan lembaga keuangan lainnya. Kedua, bagi
mahasiswa untuk mengembangkan pemahaman dan keterampilan operasional manajemen
keuangan syariah yang diterapkan dalam dunia usaha dan lembaga perekonomian /
keuangan lainnya.
Melihat
pentingnya dasar pemikiran di atas, maka keberhasilan pelaksanaan program ini
dibutuhkan perencanaan yang baik dan kerja sama serta mitra kerja dengan semua
pihak, baik penyelenggara dan panitia, mahasiswa, pembimbing dan institusi
tempat magang.
B. Tujuan PPL
Tujuan
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah sebagai berikut :
1. Bagi Mahasiswa
a. Mahasiswa mampu
menggali pengetahuan yang berkaitan dengan manajemen keuangan di dalam
perusahaan/ instansi/ lembaga keuangan syariah tempat mahasiswa melakukan
praktik.
b. Mampu
mengidentifikasi permasalahan-permasalahan dalam konteks manajemen keuangan
syariah serta mencari alternatif solusinya.
c. Mendapatkan
pengalaman praktik kerja di perusahaan/ intansi/ lembaga keuangan syariah.
2. Bagi Program
Studi
a. Mendapatkan
umpan balik terhadap proses belajar mengajar, apakah proses yang sudah ada
mampu mengakomodasi kebutuhan perusahaan/ instansi/ lemabaga keuangan syariah.
Umpan balik tersebut akan menjadi informasi yang berguna untuk memperbaiki
kurikulum dalam atri luas.
b. Mampu menjalin
kemitraan dengan perusahaan/ instansi/ lemabaga keuangan syariah.
C. Manfaat PPL
Manfaat PPL
ini adalah mahasiswa mampu mempraktikan teori mata kuliah inti Program Studi
Ekonomi Syariah yang telah dipelajari selama di bangku kuliah pada perusahaan/
instansi/ lembaga keuangan syariah maupun umum (meliputi asuransi, pegadaian,
investasi, koperasi, dan lain-lain). Dengan PPL ini selayaknya dapat
meningkatkan kompetensi mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah di bidang manajemen
keuangan anatara lain :
1. Merencanakan
keuangan perusahaan/ instansi/ lembaga keuangan syariah maupun umum.
2. Menganalisis
berbagai masalah keuangan dan cara pemecahannya.
3. Pengambilan
keputusan investasi perusahaan/ instansi/ lemabaga keuangan syariah maupun umum
4. Pengambilan
keputusan pendanaan (financing) perusahaan/ instansi/ lembaga keuangan syariah
maupun umum.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Gambaran umum lokasi PPL
1. Latar Belakang Berdirinya
KOPENA Pekalongan
Koperasi pemuda buana “KOPENA” didirikan pada tanggal 11 Desember
1993 atas prakarsa para pemuda dalam rangka memanfaatkan potensi umat yang
bercirikan atas kebersamaan dan kegotongroyongan, yang bertempat di JL Hos
Cokroaminoto No.77 Pekalongan dengan bermodal awal Rp. 400.000,-.
Kesadaran membangun koperasi sebagai mana yang pernah diukir para
pendahulu yang telah menciptakan image Kota Pekalongan sebagai Kota yang
berjaya dalam Koperasi, mendorong dan memotivasi mereka untuk menghimpun
anggota dari berbagai lapisan masyarakat, baik dari orang tua, pemuda maupun
remaja untuk bersama-sama mencapai cita-cita pembentukan lembaga perekonomian
yang handal yang dapat memenuhi kebutuhan umat yang pada akhirnya dapat
meningkatkan kesejahteraan para anggotanya. Berkat kegiggihan dan jasa-jasa mengelola,
kini aset yang dimiliki per Desember 2014 Rp. 84.808.875.683.[1]
Pada tahun 2000-2002 banyak prestasi yang diterima baik tingkat
nasional maupun tingkat ASEAN, yang diberikan kepada Ketua Umum KOPENA (H. M
Saelany Machfudz ) antara lain Tokoh Bakti Koperasi Tingkat nasional Th 2003
dan penghargaan Asean Development Golden Pekalongan 37 Award 2004. Bersama
dengan Koperasi yang berfilisasi NU se-Jawa Tengah, pada tahun 2005 mendirikan
Pusat Koperasi Warga NU (PuskowaNU) Jawa Tengah . Ketua Umum KOPENA terpilih
menjadi Ketua Puskowanu Jawa Tengah sampai sekarang dan berhasil membangun
gedung Puskowanu di Kabupaten semarang. Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional
tahun 1999 dan 2009 pada Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional. Meraih
penghargaan Satya Lencana Wira Karya dari Presiden RI bagi Ketua Umum KOPENA
tahun 2009, Meraih penghargaan Satya Lencana Wira Karya dari Presiden RI bagi
Manager KOPENA tahun 2011.
2. Visi dan Misi KOPENA
Pekalongan
Pemahaman dan penguasaan manajemen atau pengurus terhadap pola
syariah sangatlah menentukn sejauh mana penerepan prinsip syariah yang
diterapkan. Penguasaan yang penting adalah terhadap visi, misi dan cara
operasional pada syariah. Visi dan misi akan menentukan sejauh mana konsistensi
KOPENA Pekalongan dalam menerapkan koperasi kebanggaan masyarakat.
Visi KOPENA
Menjadikan Koperasi Kebanggaan
dan Bermanfaat bagi umat Pekalongan
Misi KOPENA
a. Mengajak seluruh potensi
masyarakat muslimin dan muslimat untuk bersama-sama beritikat baik dan bersatu
padu dalam usaha membangun ekonomi secara bergotong-royong dalam membentuk
Koperasi.
b. Membantu anggota yang
sebagian besar pedagang kecil dan memobilisasi permodalan demi kelancaran
membangun usaha jasa dalam sektor riil yang dibutuhkan oleh para anggotanya.
c. Ikut serta berpartisipasi
dalam pembangunan ekonomi daerah setempat dengan mengajak kepada Mitra Bisnis
lainnya.[2]
3. Identitas dan Legalisasi
KOPENA Pekalongan
a. Legalitas Lembaga : Koperasi Pemuda Buana
b. Legalitas
No. dan Tgl BH :
12227a/BH/KWK.II/94
Tgl 30 September 1994
Akta Perubahan : 1227a/BH/PAD/KWK.II/IX/96
Tgl 30 Sep 1996
Akta Perubahan : 21/PAD/KDK.11/X/2009
Tgl 30 Okt 2009
SISPK :24 /SISPK/KDK.II/VII/2009
TDP :11.03.2.64.00035
Tgl 22 Oktober 2013
NPWP : 1.620.225.1-502
Tgl 09 Juni 1998
c. Lokasi
Kantor
Pusat :
Gedung
KopenaLantai III, Jl. Hos Cokroaminoto No.77 Landungsari Pekalongan. Telp./Fax.
(0285) 436547 E-mail: Kopena_pkl@yahoo.com
KOPENA Pekalongan
Jl. Hos. Cokroaminoto No. 77 Pekalongan
Telp. (0285) 411504, 422793
KOPENA Buaran
Jl. Urip Sumoharjo 260 Pekalongan
Telp. (0285) 411206
KOPENA Tirto
Jl. Raya Pacar 149 Tirto, Kab. Pekalongan
Telp. (0285) 437015
KOPENA Kusuma Bangsa
Jl. Kusuma Bangsa No. 59 Pekalongan
Telp. (0285) 437567
KOPENA Bojong
Jl. Raya Rejosari Bojong Kab. Pekalongan
Telp. (0285) 4482859
KOPENA Kedungwuni
Jl. Raya Capgawen No. 100, Kab. Pekalongan
Telp. (0285) 4482575
KOPENA Bandar
Jl. Raya Bandar Komplek Ruko Bandar Indah No. 6 Kab. Batang
Telp. (0285) 689668
KOPENA Comal
Jl. Stasiun No. 34 Purwosari Comal, Kab. Pemalang
Telp. (0285) 577862
KOPENA Pemalang
Jl. Pasar Pagi Blok A 20, Kab. Pemalang
Telp. (0284) 324363
KOPENA Limpung
Pertokoan Depan Masjid Jami’ Alun-alun Limpung Batang
Telp. (0285) 44682464
KOPENA Bantar Bolang
Jl. Karangsuru, Bantar Bolang, Pemalang
Telp. (0284) 3278755
4. Struktur KOPENA
Susunan
pengurus Kopenaperiode tahun 2014 s/d 2019
Ketua
Umum :
HM. Saelany Machfudz
Wakil
Ketua : H. Nur Hamid, BA
Sekretaris
Umum :
H. Romadhon Abdul Djalil, S.Ag
Sekretaris :
Hj. Bahijah
Bendahara
Umum :
H. Faizin Nachrowi
Bendahara :
Hj. Ninik Muniroh
Susunan
pengawas Kopena periode tahun 2014 s/d 2019
Koordinator :
H. Abu Bakrin
Anggota :
Budi Basuki dan Hj. Naimah
Susunan Pengurus Kopena cabang
Kusuma Bangsa
Pimpinan Kantor :
Addin Hidayat
Headteller :
Puji Rahayu
AO :
Fatimatuzzahroh
Customer Service : Harun Rasyid
Staff Simpanan :
Elisa Fikadila
Amalia
Pradita
Staff
Pembiayaan : Dzulfiqor Arifin
Rahman Riza Aji
OB : Nur Subekhi
5. Manajemen KOPENA
Sejak berdiri, KOPENA telah menerapkan
Managerial System, Rapat Anggota sebagai kekuasaan tertinggi memilih Pengurus
dan Pengawas dari Anggota untuk masa jabatan 5 (lima) tahun. Pengurus bertindak
sebagai Policy Maker dan Pengawas Operasional serta hal-hal yang berhubungan
dengan segi organisasi koperasi. Kegiatan operasional sehari-hari dikuasakan
kepada Manager yang dibantu oleh beberapa staff.
Management setiap bulan mengadakan Rapat Pleno
untuk evaluasi kerja bulan yang lalu dan menetapkan kebijakan yang akan
ditempuh pada bulan yang akan datang. Badan Pengawas secara periodik melakukan
pengawasan terhadap kebijakan pengurus sesuai keputusan Rapat Anggota.
Pembinaan Anggota dilakukan dengan menunjuk salah satu anggota sebagai koordinator
untuk tiap wilayah kerja, dengan mengadakan pertemuan dalam waktu tertentu
untuk memfasilitasi keinginan dan harapan serta masukan-masukan dari para
anggota.[3]
6. Penerapan SMS Gateway di
KOPENA
SMS gateway adalah layanan informasi online
dari KOPENA, mulai diterapkan pada bulan Mei tahun 2014. Pada saat itu KOPENA
hanya bisa mengirimkan SMS gateway ke nomor Indosat saja belum bisa mengirimkan
SMS gateway ke nomor kartu operator lainnya. Nasabah dianjurkan menggunakan
nomor Indosat yang didaftarkan untuk layanan SMS gateway dengan membagikan
kartu perdana Indosat kepada nasabahnya. Setelah itu, pengembangan SMS gateway
bisa mengirimkan SMS ke semua operator yaitu pada saat pencairan tabungan
sariya pada tanggal 07 Juni 2014 SMS gateway diterapkan untuk semua produk baik
simpanan maupun pembiayaan, yaitu transaksi dengan ketentuan nominal minimal Rp
50.000,-.
Sistem SMS gateway melalui nomor rekening
SUKARELA, dimana semua rekening produk simpanan dan rekening produk pembiayaan
menginduk pada satu nomor rekening yaitu rekening SUKARELA yang didaftarkan.
Proses registrasinya yaitu dimulai dari pendaftaran tabungan atau pembiayaan
baik nasabah datang sendiri atau melalui marketing akan dimintai nomor
handphone dengan mengisi fomulir kesediaan layanan informasi online. CSO
mendaftarkan SMS gateway dengan menginput data nasabah meliputi nomor handphone
nasabah, data CIB (Customer Information Base),
dan nomor rekening sukarela nasabah.
7. Produk-Produk dan Pelayanan
Koperasi Pemuda Buana (KOPENA)
KOPENA merupakan Koperasi Serba Usaha (KSU)
yang dalam kegiatan operasionalnya mempunyai beberapa unit usaha antara lain :
a. Unit simpan pinjam
Memobilisasi permodalan dari dan untuk anggota sebagai usaha bersama dalam
rangka memenuhi kebutuhan para anggota menolong dengan berlandaskan sistem
konvensional dan syariah.
Produk Simpanan
a. Tabungan Sukarela Mudharabah
Merupakan jenis tabungan yang fleksibel, dan aman yang dapat disetor setiap
saat dan dapat diambil kapan saja di saat jam kerja, tidak dikenakan biaya ADM
serta memperoleh bagi hasil yang menarik di setiap akhir bulan.
b. Tabungan Ziarah Wadiah
Merupakan tabungan secara periodik setiap bulan sekali dalam tempo selama 2
tahun, setiap peserta berkesempatan mengikuti ziarah ke makam walisongo, para
aulia dan silaturrahmi ke para ulama terkemuka secara gratis, serta memperoleh
souvenir menarik.
c. Tabungan Simpanan Hari Raya
(Sariya) Wadiah Merupakan jenis tabungan secara periodik seminggu sekali guna
menyongsong dan mempersiapkan kebutuhan pada Hari Raya Idul Fitri, dimana pada akhir
periode dana simpanan diterima secara utuh dan 6 berhak memperoleh bingkisan
lebaran yang ditentukan KOPENA serta berkesempatan memperoleh doorprize hadiah
utama yang menarik.
d. Tabungan Haji dan Umroh KBIH
Assalamah Kopena Merupakan tabungan untuk merencanakan, membantu dan
memfasilitasi serta mewujudkan niat dalam rangka menunaikan rukun Islam ke 5
yakni melaksanakan ibadah Haji dan Umrah.
e. Tabungan Manasuka harian
Mudharabah Merupakan simpanan untuk mendukung dan memperlancar usaha secara
aman dalam upaya menuai barokah.
f.
Tabungan Tamara Sebuah tabungan dengan jumlah setoran @ Rp.
50.000,- yang disetor setiap 1 bulan sekali. Jangka waktu pengambilan 24 bulan.
g. Tabungan Jumpa wisata
(Juwita)Wadiah Merupakan tabungan yang diatur secara arisan setiap bulannya 1
orang, uang tersebut dibagikan utuh dan dalam waktu tertentu, kemudian peserta
dapat mengikuti wisata gratis.
h. Tabungan Tastour Wadiah
Merupakan tabungan secara berkelompok minimal terkumpul 50 peserta. Untuk
mewujudkan pelaksanaan wisata secara gratis dimana pada akhir periode simpanan
diterima secara utuh dan pelaksanaan serta tujuan dapat ditentukan bersama.
i.
Simpanan berjangka mudharabah Merupakan pilihan untuk berinvestasi
secara aman dan halal dalam jangka waktu tertentu serta memperoleh bagi hasil
yang menarik dan menguntungkan.
Produk pinjam atau pembiayaan
a. Pembiayaan Mudharabah
Merupakan pembiayaan dalam bentuk modal/ dana diberikan oleh KOPENA kepada
nasabah untuk mengelola usaha yang telah disepakati bersama. Selanjutnya dalam
pembiayaan ini nasabah dan KOPENA sepakat untuk berbagi hasil atas pendapatan
usaha tersebut dengan prosentase berdasarkan kesepakatan bersama.
b. Pembiayaan Murabahah
Merupakan fasilitas penyaluran dana dengan sistem jual beli. KOPENA akan
membelikan barang-barang halal apa saja yang anda butuhkan kemudian menjualnya
kepada nasabah untuk diangsur digunakan untuk memenuhi kebutuhan usaha (modal
kerja dan investasi) maupun pribadi.
c. Pembiayaan Rahn Merupakan
perjanjian penyerahan barang atau harta nasabah sebagai jaminan berdasarkan
hukum gadai berupa emas/ perhiasan/ kendaraan.
d. Pembiayaan Manasuka Harian
Mudharabah Merupakan pembiayaan dengan sistem plafon. Setoran pengambilan dapat
dilakukan setiap saat. Tanda pengambilan (TP) dibentuk sedemikian rupa dengan
fungsi serba guna.
b. Unit layanan bimbingan haji
Bimbingan haji di KOPENA oleh seorang ulama
sepuh di Pekalongan diberi nama assalama, dengan harapan agar jama’ah yang
mengikuti bimbingan haji mendapat perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT,
demikian pula dengan pengelolaannya semata-mata demi kemaslahatan umat,
khususnya memberikan bimbingan manasik haji kepada para anggota dan calon
anggota sejak dari tanah air sampai bimbingan di tanah suci. Disamping itu juga
melayani bimbingan umroh dan haji plus, bekerjasama dengan PT. Anubi tours dan
trevel terpercaya di Jakarta, KBIH assalamah ditunjuk sebagai kantor pewakilan
seeks-karisidenan Pekalongan.
c. Unit jasa-jasa Pelayanan
Jasa yang diselenggarakan KOPENA antara lain
pengurus surat-surat kendaraan bermotor (perpanjangan dan mutasi STNK,
pembuatan SIM, IMB, SIUP, TDP, NPWP, pengurus Pasport dan berbagai macam akta,
termasuk juga pengurusan pasport pakai buku.
d. Unit perdagangan umum
Perdagangan umum yang dilakukan oleh KOPENA
antara lain mengadakan saran perlatan kerja, barang-barang elektronik dan
alat-alat rumah tangga yang pada umumnya masih menggunakan sistem angsuran,
juga menyediakan perlengkapan dan oleh-oleh haji.
e. Unit jasa konstruksi Awal
Unit ini adalah melaksanakan program pemerintah
kota Pekalongan dan menpera. KOPENA dipercaya oleh pemerintah Pekalongan
(kantor Bapermas dan KB) dan menteri perumahan rakyat untuk melaksanakan
program rehap rumah miskin dan pembanguna rumah baru (rumah inti tumbuh)
Alhamdulilah dapat berjalan dengan baik.
8. Produk Simpanan Berjangka
Suka-suka (SIMKA Suka-suka)
Produk SIMKA suka-suka merupakan simpanan berjangka yang dijalankan
dengan menggunakan prinsip mudharabah. Simpanan berjangka minimal pengambilan 1
tahun dengan bagi hasil diberikan seluruhnya di muka/ pada saat akad dalam bentuk
barang dengan perjanijian yang telah disepakati yaitu menggunakan akad
mudharabah, dimana dalam hal ini anggota sebagai shahibul maal atau penyedia
dana dan KOPENA sebagai mudharib atau pengelola dana. Berdasarkan akad ini
KOPENA sebagai mudharib atau pengelola dana dapat menggunakan dana tersebut
untuk kegiatan financing atau penyaluran dana dalam bentuk pembiayaan.
1. Keistimewaan produk
a. Sebagai investasi jangka
panjang.
b. Bagi hasil yang diberikan
dimuka, dan berupa barang sesuai dengan nominal yang disetorkan. Barang yang
didapat antara lain: Sepeda motor, 1 set home theater, laptop, HP/iPad, lemari
es/ mesin cuci, sepeda lipat, kompor gas/ kipas angin/ magic com.
c. Simpanan dapat dipergunakan
sebagai jaminan pembiayaan.
d. Tidak dikenakan biaya
administrasi.
2. Kelemahan produk
a. Tidak dapat diambil
sewaktu-waktu
b. Nasabah tidak bisa mengambil
uangnya kembali sebelum jatuh tempo.
3. Syarat pembukaan SIMKA
suka-suka
a. Diperuntukan bagi angota,
calon anggota, dan masyarakat.
b. Mengisi formulir pembukaan
rekening tabungan dikantor.
c. Kartu identitas
(KTP/SIM/Kartu Pelajar) yang masih berlaku.
d. Jumlah simpanan minimal Rp
5.000.000
e. Jangka waktu minimal 1 tahun.
f.
Dapat diperpanjang secara otomatis pada saat jatuh tempo.
g. Dapat dipergunakan sebagai
jaminan pembiayaan.
4. Ketentuan-ketentuan dalam
prosedur SIMKA suka-suka :
a. Prosedur penyetoran simpan
·
Dengan cara menyetor langsung ke kantor-kantor KOPENA.
·
Menyetor melalui marketing
dengan sistem langsung datang ke kantor KOPENA.
b. Prosedur penutupan rekening
·
Simpanan bisa diambil langsung atau diperpanjang sesuai keinginan
nasabah dan dengan bilyet SIMKA.
·
Penutupan tidak dikenakan biaya administrasi.
c. Permohonan simpanan:
·
Ketentuan umum
o
Simpanan dengan akad mudharabah merupakan simpanan dimana anggota
sebagai shahibul maal dan KOPENA sebagai mudharib (pengelola dana), dalam hal
ini KOPENA boleh menggunakan dana simpanan untuk kegiatan penyaluran dana
melalui pembiyaaan, dan wajib memberikan bagi hasil atas pengelolaan dana
tersebut.
o
Simpanan akan mengendap selama minimal 1 tahun dan tidak bisa di
ambil secara sepihak.
o
Bagi hasil akan diberikan seluruhnya di muka/ pada saat akad dan
tidak diberikan bagi hasil perbulan.
o
Sebagai buktinya KOPENA akan menerbitkan bukti kepemilikan berupa
Bilyet SIMKA.
o
Penutupan rekening simpanan tidak dikenakan biaya admnistrasi.
·
Penyetoran dan penarikan dana
o
Besarnya setoran ditentukan sesuai bagi hasil.
o
Setoran dapat dilakukan pada saat jam kerja.
o
Penarikan diambil setelah jatuh tempo.
o
Penarikan dapat dilakukan pada saat jam kerja.
B.
Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan pada
tanggal 16 Juni 2017 s.d 24 Juli 2017. Dengan ketentuan sebagai berikut :
1. Waktu
Masuk Kantor :
07.50
Do’a sebelum kegiatan : 07:50-08:00
Istirahat :
12.00 – 13.00
Pulang Kantor
: 16.00
Libur Kerja :
Minggu (termasuk tanggal merah)
2. Seragam atau Pakaian
Senin :
Bebas Almamater
Selasa :
Bebas Almamater
Rabu :
Bebas Almamater
Kamis :
Bebas Almamater
Jumat :
Bebas Almamater
Sabtu :
Bebas Almamater
Tabel Kegiatan PPL
a. Tabel kegiatan Islakhul Qonitah
No.
|
Tanggal
|
Kegiatan
PPL
|
1.
|
02
januari 2018
|
Penerjunan PPL, Pemberkasan File-file
pembiayaan, mengecek data file pembiayaan nasabah, melayani nasabah, membantu
customer service .
|
2.
|
03 januari 2018
|
Mengecek data file pembiayaan, pemberkasan file-file pembiayaan ,
melayani nasabah
|
3.
|
04 januari 2018
|
Pelatihan Pembuatan akad pembiayaan, pemberkasan file pembiayaan,
melayani nasabah
|
4.
|
05 januari 2018
|
Pembuatan
akad pembiayaan, melayani nasabah
|
5.
|
06 januari 2018
|
Mengecek
berkas pembiayaan, melayani nasabah
|
6.
|
07 januari 2018
|
Libur
|
7.
|
08 januari 2018
|
Mengecek
berkas pembiayaan, Melayani nasabah di teller, Mencocokan jumlah fisik uang sesuai dengan saldo akhir kas di
teller
|
8.
|
09 januari 2018
|
Mengecek
berkas pembiayaan, Melayani nasabah di teller, Membantu mengecek formulir
pendaftaran nasabah baru, Mencocokan
jumlah fisik uang sesuai dengan saldo akhir kas di teller
|
9.
|
10 januari 2018
|
ikut
marketing
|
10.
|
11 januari 2018
|
Penataan
berkas pembiayaan, melayani nasabah
|
11.
|
12 januari 2018
|
Penataan
berkas deposito nasabah, melayani nasabah
|
12.
|
13 januari 2018
|
Sakit
|
13.
|
14 januari 2018
|
Libur
|
14.
|
15 januari 2018
|
Membantu
CS dalam melayani nasabah, mengecek berkas syarat menjadi nasabah baru
|
15
|
16 januari 2018
|
Melayani
nasabah di Teller,
|
16.
|
17 januari 2018
|
Melayani
nasabah di Teller,
|
17.
|
18 Januari 2018
|
Melayani
nasabah di Teller,
|
18.
|
19 Januari 2018
|
Mengecek
berkas pembiayaan, Mengisi dokumen permohonan cheklist dan memorandum
pembiayaan, menghitung uang,
|
19.
|
20 Januari 2018
|
Menata
akad, mengisi pembuatan rekening tabungan, ikut marketing ke rumah nasabah
dan pasar
|
20.
|
21 Januari 2018
|
libur
|
21.
|
22 Januari 2018
|
sakit
|
22.
|
23 Januari 2018
|
sakit
|
23.
|
24 Januari 2018
|
sakit
|
24.
|
25 Januari 2018
|
Melayani
nasabah di Teller, Menata laporan keuangan harian di Teller
|
25.
|
26 Januari 2018
|
Melayani
nasabah di Teller, Menata laporan keuangan harian di Teller
|
26.
|
27 Januari 2018
|
Pemberkasan
file file pembiayaan, mengecek nasabah yang belum lunas, Menata laporan
keuangan harian di Teller
|
27.
|
28 Januari 2018
|
Libur
|
28.
|
29 Januari 2018
|
Melayani
nasabah di Teller, Menata laporan keuangan harian di Teller
|
29.
|
30 Januari 2018
|
Membuat
laporan data tunggakan nasabah, melengkapi formulir tabungan nasabah,
mengarsip data nasabah baru
|
30.
|
31 Januari 2018
|
Menata
slip, Ikut marketing, menghitung uang, mengisi slogan nasabah, menyusun akad
|
31.
|
01 februari 2018
|
Melayani
nasabah di Teller
|
32.
|
02 februari 2018
|
Melayani
nasabah di Teller dan penarikan PPL
|
C.
Pembahasan
KOPENA adalah lembaga keuangan dalam
opersaional hariannya selalu menyediakan layanan maupun simpanan untuk
masyarakat. Karena kedua hal tersebut merupakan sisi urgent dari sebuah lembaga
pelayanan keuangan. Demkian juga dengan KOPENA yang sudah begitu dikenal di
masyarakat yang dalam satu harinya melayani transaksi baik pembiayaan maupun
simpanan. Produk simpanan KOPENA mencoba mengkomodisi semua keperluan
masyarakat sesuai dengan jangka waktu yang dibutuhkan masyarakat. Dengan pola
jemput bola KOPENA menyiapkan petugas-petugas marketing yang sangat profesional
dan familiar untuk menerima setoran maupun
pengembalian simpanan.
KOPENA ini terletak dialokasi yang strategis
yaitu dekat dengan jalan raya dan juga dekat dengan pusat kegiatan ekonomi
(pasar). KOPENA ini juga memberikan pelayanan yang cukup baik yang memang
diinginkan oleh nasabah yang berada digolongan ekonomi menegah kebawah, antara
lain dengan layanan antar jemput
pelayanan setoran dan penarikan uang (jemput bola) serta memberikan
layanan infosrmasi tentang produk-produk KOPENA.
1. Job Description
a. Kepala Cabang , Tugas:
·
Bertanggung
jawab atas kelancaran operasional perusahaan sesuai dengan rencana kerja
tahunan yang disusun direksi dan diketahui Dewan Komisaris.
·
Bertanggung
jawab atas pemasaran produk, pengelolaan keuangan dalam hal penghimpunan dan
pelepasan dana.
·
Berwenang
menandatangani Cek dan Bilyet Giro, Bilyet Deposito, Perjanjian pembiayaan
dengan pihak ketiga berdasarkan ketetapan dewan komisaris
·
Berwenang
melakukan survey calon debitur dan memutuskan pembiayaan sesuai wewenang komite
pembiayaan yang ditetapkan dewan komisaris.
·
Bertanggung
jawab terhadap perekrutan, pengembangan, peningkatan kemampuan kerja
(kompetensi), kesejahteraan dan pemberhentian SDM Bank.
b. Customer Service, Tugas:
·
Memberikan
pelayanan kepada nasabah yang berkaitan dengan pembukaan rekening tabungan,
pembukaan deposito, permohanan nasabah lainya.
·
Memberikan
informasi sejelas mungkin mengenai berbagai produk dan jasa yang ingin
diketahui dan diminati kepada nasabah atau calon nasabah.
·
Menerima,
melayani, dan mengatasi permasalahan yang disampaikan oleh nasabah sehubungan
dengan ketidakpuasan nasabah atas pelayanan yang diberikan oleh pihak bank.
·
Mengadministrasikan
daftar hitam Bank Indonesia dan daftar rehabilitasi nasabah serta file nasabah.
·
Memberikan
informasi tentang saldo dan mutasi nasabah.
·
Mengadministrasikan
buku tabungan.
·
Memperkenalkan
dan menawarkan produk dan jasa yang ada dan yang baru sesuai dengan keinginan
dan kebutuhan nasabah.
c. Teller, Tugas:
·
Membuat
laporkan posisi kas di tangan dan di posisi saldo akhir pada bank.
·
Melakukan
pengeluaran uang yang telah disetujui oleh kepala cabang.
·
Mengelola
kas kecil.
·
Bertanggung
jawab atas pelayanan nasabah dalam hal transaksi uang tunai baik menerima uang
penyetoran tabungan, deposito, angsuran pembiayaan, ataupun pengeluaran uang
untuk penarikan tabungan, deposito, pencairan dan pengeluaran lainnya yang
berhubungan dangan kantor.
·
Memasukkan
mutasi ke lembaran buku mutasi teller untuk kas masuk pada penerimaan untuk kas
keluar pada pembayaran. Semua mutasi
disertai dengan bukti atau slip.
·
Memberi
tanda redmark untuk setiap slip setoran atau penarikan tabungan.
·
Menerima,
menyusun dan menghitung uang secara cermat dan hati-hati setiap setoran tunai
dari nasabah dan penarikan tunai untuk nasabah.
·
Melakukan
penyortiran terhadap uang masuk dan keluar.
·
Mengatur
dan menyiapkan pengeluaran uang tunai untuk kepentingan dropping dana
pembiayaaan dan lain-lain yang telah disetujui oleh bagiannya.
·
Membuat
laporan pertanggung jawaban kas pada akhir hari.
·
Mencocokan
jumlah fisik uang sesuai dengan saldo akhir kas.
·
Mengecek
slip setoran maupun pengeluaran sesuai dengan jumlah uang dan pada buku mutasi
teller.
·
Membuat
jurnal pada akhir kas.
·
Pada
akhir dan awal hari laporan pertanggung jawaban kas oleh teller dimintakan
tanda tangan kepada kepala cabang sebagai periksa atas kondisi uang.
·
Teller
harus mencocokan tanda tangan pada slip penarikan tabungan dan deposito dengan
kartu tanda tangan yang ada.
·
Tiap
akhir hari mencetak mutasi kas teller dan laporan pertanggung jawaban kas dan
mengarsipkan
d. Marketing, Tugas:
·
Melakukan
penjemputan setoran simpanan atau angsuran pembiayaan.
·
Memastikan
angsuran yang dijemput sesuai dengan waktunya.
·
Menyiapkan
peralatan administrasi yang dibutuhkan untuk menjembut simpanan dan angsuran.
·
Memastikan
tidak ada selisih antara dana yang dijemput dengan dana yang disetorkan di
kantor.
·
Menawarkan
produk produk Bank kepada nasabah baru
2. Kegiatan Mahasiswa PPL di Kopena pada
Setiap Bagian
a. Islakhul Qonitah
1) Membantu tugas Kepala Cabang
-
Merekap laporan bulanan
Pembiayaan yang belum lunas bulan Oktober, November dan Desember dengan
menggunakan MS. Excel.
-
Merekap data pengajuan
pembiayaan+pembiayaan lunas pada periode bulan januari kedalam sebuah buku guna
mempermudah pendataan.
-
Menyaksikan bagaimana
jalannya akad ketika pengajuan pembiayaan.
2)
Membantu
tugas bagian Customer Service
-
Diberi tugas melengkapi
formulir nasabah yang belum lengkap.
-
Mengecek marketing
simpanan berjangka yaitu melakukan pengecekan satu persatu terhadap nasabah
milik marketing yang masih memiliki tunggakan, lalu data itu akab direkap.
-
Merekap data nasabah baru
ke dalam sebuah buku yang berisi data-data nasabah.
3)
Membantu
tugas bagian Admin
-
Mengisi form pengajuan pembiayaan
yaitu melengkapi data dari nasabah pembiayaan berupa data diri nasabah, alamat
lengkap, kelengkapan jaminan pembiayaan dll.
-
Merekap data pengajuan
pembiayaan yang sudah di acc maupun yang tidak di acc.
4)
Membantu
tugas bagian Marketing Pembiayaan dan Marketing Tabungan.
-
Penarikan
tabungan ke rumah nasabah bersama marketing. Di sana saya melakukan penarikan
uang tabungan milik nasabah dan membantu melakukan pencatatan serta pengecekan
uang, sehingga tidak terjadi kesalahan.
-
Prospek
nasabah baru, tugas marketing juga mencari nasabah baru agar mau bergabung
dengan Kopena untuk menabung maupun untuk pembiayaan.
-
Mengajarkan
bagaimana cara menghadapi nasabah yang komplain.
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A. KESIMPULAN
Selama praktek magang di KOPENA, para peserta
magang diberi pengetahuan tentang cara kerja di KOPENA. Para peserta dibimbing
untuk mempraktekan secara lagsung tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh
seorang karyawan. Dengan praktek tersebut, para peserta telah mendapatkan ilmu
pengetahuan tentang sistem kerja disuatu lembaga keuangan, yang selama ini
jarang didapatkan dibangku kuliah.
Berdasarkan pengamatan peserta magang ,maka
dapat disimpulkan:
a) Implementasi sistem perbankan
syariah dalam operasional KOPENA Sudah sangat baik, sehingga perlu
dipertahankan.
b) Misi sosial KOPENA sudah
dilakukan, dan penyalurannya pun juga sudah baik.
c) Hubungan antara nasabah
dengan karyawan KOPENA tidak hanya sekedar hubungan debitur saja, tetapi juga
hubungan kekeluargaan.
B.
SARAN
a) Megingat manfaat program
praktek/magang dan antusiasme mahasiswa, hendaknya program ini dapat
dilanjutkan secara berkesinambungan agar mahasiswa dapat mempraktekkan secara
propfesional.
b) Bagi pihak akademik
diharapkan untuk lebih banyak memberikan praktek-praktek yang mendukung teori
perkuliahan, agar mahasiswa dapat mengembangkan ilmu yang diperoleh.
c) Perlu adanya sosilaisai
kepada masyarakat luas megenai sistem perekonomian islam. Hal ini karena selama
ini masyarakat lebih dulu mengenal sistem perbankan berbasis bunga, sehingga
mereka diharapkan tidak akan asing lagi dengan keberadan KOPENA dan
lembaga-lembaga keuangan syariah lainnya.
d) Dukungan masyarakat islam
sangat diaharapkan guna mendukung berkembangannya sistem perekonomian Islam.
e) Melakukan PPL dalam waktu 30
hari dimungkinkan belum maksimal dalam melakukan kegiatan di kantor lapangan.
LAMPIRAN
Diberikanya
kenang-kenangan kepada pihak Kopena Cabang Kusuma Bangsa
Diberikanya Kenang-kenangan
oleh Mahasiswa PPL di Pusat KOPENA
[1]
Brosur Company Profile Koperasi Pemuda Buana (KOPENA) Pekalongan
[3]
http://www.kopena.co.id, diakses Selasa, 27 Februari 2018 Pukul 10.35 WIB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar