Kamis, 08 Maret 2018

LAPORAN PPL EKONOMI SYARIAH KOPENA






LAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
JURUSAN S1 EKONOMI SYARIAH
DI KOPENA CABANG KUSUMA BANGSA

I.                    HALAMAN JUDUL

Disusun Oleh:
ISLAKHUL QONITAH
2013114193

JURUSAN EKONOMI SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM (FEBI)
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
PEKALONGAN
Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan Semester Genap Tahun Akademik 2017 – 2018 di Kopena Cabang Buaran Pekalongan, mulai tanggal 02 januari – 02 februari Oleh:
1.            Islakhul Qonitah             2013114193
Ini Telah dikonsultasikan dan diketahui oleh Dosen Pembimbing dan Pimpinan Perusahaan/Instansi/Lembaga Keuangan Syariah serta disahkan oleh Ketua Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan pada:
Hari                 : ……………………………
Tangga            l           : ……………………………

Mengetahui,
Pimpinan Kopena Cabang Kusuma Bangsa


Addin Hidayat

 

Mengetahui,
Dosen Pembimbing




Ali Amin Isfandiar, M. Ag.
NIP.197408122005011002

 
Pekalongan, ……………………….







Mengetahui,
An. Dekan
Ketua Jurusan Ekonomi Syariah


Agus Fakhrina, M.SI.
NIP. 197701232003121001




KATA PENGANTAR


Puji Syukur kami panjatkan kehadiran Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat melaksanakan dan menyelesaikan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada KOPENA cabang Kusuma Bangsa. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan pada Tanggal 2 Januari- 2 Ferbruari 2018, telah memberikan banyak pengalaman dan ilmu yang bermanfaat kepada penulis.
Kami mengucapkan trimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan Praktik Pengalaman Lapangan ini. Penulis menyadari dalam penyusunan laporan ini , masih banyak kekurangan dan kelemahan yang dimiliki penulis. Maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak yang bersifat membangun demi menyempurnakan laporan ini. Semoga laporan ini bermanfaat bagi rekan-rekan kampus, instansi dan pihak-pihak yang membutuhkan lainnya.

                                                                           Pekalongan,    Februari 2018


                                                                                       Penyusun





LEMBAR UCAPAN TERIMAKASIH

Dalam kesempatan ini kami mengucapkan terimaksih kepada semua pihak-pihak yang telah membantu dan membimbing serta memotivasi penulis dalam penyusunan laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), antara lain kepada:

1.      Bapak Prof. Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M. Ag., selaku Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.
2.      Bapak Agus Fahrina, M.SI., selaku Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.
3.      Bapak Ali Amin Isfandiar, M. Ag, selaku Dosen Pembimbing Lapangan Prakrik Pengalaman Lapangan (PPL).
4.      Bapak Addin Hidayat Selaku pemimpin Kopena Cabang Kusuma Bangsa sekaligus Pembimbing PPL.
5.      Seluruh staf KOPENA cabang Kusuma Bangsa, terimaksih atas bimbingan dan ilmu-ilmu yang telah diberikan kepada penulis selama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).
6.      Teman-teman yang melaksanakan PPL bersama di KOPENA pekalongan
7.      Serta pihak-pihak yang telah membantu dan memotivasi hingga tersusunnya laporan ini.




DAFTAR ISI


LEMBAR UCAPAN TERIMA KASIH…………………………………………………………………………iv
  

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar belakang
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan penerapan suatu teori manajemen keuangan syariah yang secara konkrit tidak terpisahkan dari kurikulum Prodi S1 Ekonomi Syariah Jurusan Syariah STAIN Pekalongan. PPL ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan yang lebih riil yang diperoleh dengan terjun langsung ke dunia usaha dan lembaga keuangan syariah. Oleh karena itu, pada praktiknya PPL memerlukan kemampuan pengetahuan sekaligus keterampilan teknis yang berkaitan dengan aplikasi teori yang telah dipelajari oleh mahasiswa selama di bangku kuliah.
Secara akademis, PPL merupakan mata kuliah keahlian yang harus diambil oleh seluruh mahasiswa Program Studi S1 Ekonomi Syariah. PPL ini diharapkan bermanfaat, yaitu pertama bagi lembaga pendidikan IAIN Pekalongan dalam rangka mengembangkan secara riil dunia usaha dan lembaga keuangan lainnya. Kedua, bagi mahasiswa untuk mengembangkan pemahaman dan keterampilan operasional manajemen keuangan syariah yang diterapkan dalam dunia usaha dan lembaga perekonomian / keuangan lainnya.
Melihat pentingnya dasar pemikiran di atas, maka keberhasilan pelaksanaan program ini dibutuhkan perencanaan yang baik dan kerja sama serta mitra kerja dengan semua pihak, baik penyelenggara dan panitia, mahasiswa, pembimbing dan institusi tempat magang.
B.      Tujuan PPL
Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah sebagai berikut :
1.      Bagi Mahasiswa
a.      Mahasiswa mampu menggali pengetahuan yang berkaitan dengan manajemen keuangan di dalam perusahaan/ instansi/ lembaga keuangan syariah tempat mahasiswa melakukan praktik.
b.      Mampu mengidentifikasi permasalahan-permasalahan dalam konteks manajemen keuangan syariah serta mencari alternatif solusinya.
c.        Mendapatkan pengalaman praktik kerja di perusahaan/ intansi/ lembaga keuangan syariah.
2.      Bagi Program Studi
a.      Mendapatkan umpan balik terhadap proses belajar mengajar, apakah proses yang sudah ada mampu mengakomodasi kebutuhan perusahaan/ instansi/ lemabaga keuangan syariah. Umpan balik tersebut akan menjadi informasi yang berguna untuk memperbaiki kurikulum dalam atri luas.
b.      Mampu menjalin kemitraan dengan perusahaan/ instansi/ lemabaga keuangan syariah.
C.      Manfaat PPL
Manfaat PPL ini adalah mahasiswa mampu mempraktikan teori mata kuliah inti Program Studi Ekonomi Syariah yang telah dipelajari selama di bangku kuliah pada perusahaan/ instansi/ lembaga keuangan syariah maupun umum (meliputi asuransi, pegadaian, investasi, koperasi, dan lain-lain). Dengan PPL ini selayaknya dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah di bidang manajemen keuangan anatara lain :
1.      Merencanakan keuangan perusahaan/ instansi/ lembaga keuangan syariah maupun umum.
2.      Menganalisis berbagai masalah keuangan dan cara pemecahannya.
3.       Pengambilan keputusan investasi perusahaan/ instansi/ lemabaga keuangan syariah maupun umum
4.       Pengambilan keputusan pendanaan (financing) perusahaan/ instansi/ lembaga keuangan syariah maupun umum.



BAB II
PEMBAHASAN

A.     Gambaran umum lokasi PPL
1.      Latar Belakang Berdirinya KOPENA Pekalongan
Koperasi pemuda buana “KOPENA” didirikan pada tanggal 11 Desember 1993 atas prakarsa para pemuda dalam rangka memanfaatkan potensi umat yang bercirikan atas kebersamaan dan kegotongroyongan, yang bertempat di JL Hos Cokroaminoto No.77 Pekalongan dengan bermodal awal Rp. 400.000,-.
Kesadaran membangun koperasi sebagai mana yang pernah diukir para pendahulu yang telah menciptakan image Kota Pekalongan sebagai Kota yang berjaya dalam Koperasi, mendorong dan memotivasi mereka untuk menghimpun anggota dari berbagai lapisan masyarakat, baik dari orang tua, pemuda maupun remaja untuk bersama-sama mencapai cita-cita pembentukan lembaga perekonomian yang handal yang dapat memenuhi kebutuhan umat yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan para anggotanya. Berkat kegiggihan dan jasa-jasa mengelola, kini aset yang dimiliki per Desember 2014 Rp. 84.808.875.683.[1]
Pada tahun 2000-2002 banyak prestasi yang diterima baik tingkat nasional maupun tingkat ASEAN, yang diberikan kepada Ketua Umum KOPENA (H. M Saelany Machfudz ) antara lain Tokoh Bakti Koperasi Tingkat nasional Th 2003 dan penghargaan Asean Development Golden Pekalongan 37 Award 2004. Bersama dengan Koperasi yang berfilisasi NU se-Jawa Tengah, pada tahun 2005 mendirikan Pusat Koperasi Warga NU (PuskowaNU) Jawa Tengah . Ketua Umum KOPENA terpilih menjadi Ketua Puskowanu Jawa Tengah sampai sekarang dan berhasil membangun gedung Puskowanu di Kabupaten semarang. Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional tahun 1999 dan 2009 pada Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional. Meraih penghargaan Satya Lencana Wira Karya dari Presiden RI bagi Ketua Umum KOPENA tahun 2009, Meraih penghargaan Satya Lencana Wira Karya dari Presiden RI bagi Manager KOPENA tahun 2011.

2.      Visi dan Misi KOPENA Pekalongan
Pemahaman dan penguasaan manajemen atau pengurus terhadap pola syariah sangatlah menentukn sejauh mana penerepan prinsip syariah yang diterapkan. Penguasaan yang penting adalah terhadap visi, misi dan cara operasional pada syariah. Visi dan misi akan menentukan sejauh mana konsistensi KOPENA Pekalongan dalam menerapkan koperasi kebanggaan masyarakat.
Visi KOPENA
Menjadikan Koperasi Kebanggaan dan Bermanfaat bagi umat Pekalongan
Misi KOPENA
a.      Mengajak seluruh potensi masyarakat muslimin dan muslimat untuk bersama-sama beritikat baik dan bersatu padu dalam usaha membangun ekonomi secara bergotong-royong dalam membentuk Koperasi.
b.      Membantu anggota yang sebagian besar pedagang kecil dan memobilisasi permodalan demi kelancaran membangun usaha jasa dalam sektor riil yang dibutuhkan oleh para anggotanya.
c.       Ikut serta berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi daerah setempat dengan mengajak kepada Mitra Bisnis lainnya.[2]

3.      Identitas dan Legalisasi KOPENA Pekalongan
a.      Legalitas Lembaga                        : Koperasi Pemuda Buana
b.      Legalitas
No. dan Tgl BH            : 12227a/BH/KWK.II/94
Tgl 30 September 1994
Akta Perubahan          : 1227a/BH/PAD/KWK.II/IX/96
Tgl 30 Sep 1996
Akta Perubahan          : 21/PAD/KDK.11/X/2009
Tgl 30 Okt 2009
SISPK                            :24 /SISPK/KDK.II/VII/2009
TDP                              :11.03.2.64.00035
Tgl 22 Oktober 2013
NPWP              : 1.620.225.1-502
Tgl 09 Juni 1998
c.       Lokasi
Kantor Pusat :
Gedung KopenaLantai III, Jl. Hos Cokroaminoto No.77 Landungsari Pekalongan. Telp./Fax. (0285) 436547 E-mail: Kopena_pkl@yahoo.com
KOPENA Pekalongan
Jl. Hos. Cokroaminoto No. 77 Pekalongan
Telp. (0285) 411504, 422793
KOPENA Buaran
Jl. Urip Sumoharjo 260 Pekalongan
Telp. (0285) 411206
KOPENA Tirto
Jl. Raya Pacar 149 Tirto, Kab. Pekalongan
Telp. (0285) 437015
KOPENA Kusuma Bangsa
Jl. Kusuma Bangsa No. 59 Pekalongan
Telp. (0285) 437567
KOPENA Bojong
Jl. Raya Rejosari Bojong Kab. Pekalongan
Telp. (0285) 4482859
KOPENA Kedungwuni
Jl. Raya Capgawen No. 100, Kab. Pekalongan
Telp. (0285) 4482575
KOPENA Bandar
Jl. Raya Bandar Komplek Ruko Bandar Indah No. 6 Kab. Batang
Telp. (0285) 689668
KOPENA Comal
Jl. Stasiun No. 34 Purwosari Comal, Kab. Pemalang
Telp. (0285) 577862
KOPENA Pemalang
Jl. Pasar Pagi Blok A 20, Kab. Pemalang
Telp. (0284) 324363
KOPENA Limpung
Pertokoan Depan Masjid Jami’ Alun-alun Limpung Batang
Telp. (0285) 44682464
KOPENA Bantar Bolang
Jl. Karangsuru, Bantar Bolang, Pemalang
Telp. (0284) 3278755

4.      Struktur KOPENA
Susunan pengurus Kopenaperiode tahun 2014 s/d 2019
Ketua Umum               : HM. Saelany Machfudz
Wakil Ketua                : H. Nur Hamid, BA
Sekretaris Umum        : H. Romadhon Abdul Djalil, S.Ag
Sekretaris                    : Hj. Bahijah
Bendahara Umum      : H. Faizin Nachrowi
Bendahara                  : Hj. Ninik Muniroh
Susunan pengawas Kopena periode tahun 2014 s/d 2019
Koordinator                 : H. Abu Bakrin
Anggota                       : Budi Basuki dan Hj. Naimah
 Susunan Pengurus Kopena  cabang Kusuma Bangsa
Pimpinan Kantor         : Addin Hidayat
Headteller                   : Puji Rahayu
AO                               : Fatimatuzzahroh
Customer Service        : Harun Rasyid
Staff Simpanan            : Elisa Fikadila
  Amalia Pradita
Staff Pembiayaan        : Dzulfiqor Arifin
                                      Rahman Riza Aji
OB                               : Nur Subekhi

5.      Manajemen KOPENA
Sejak berdiri, KOPENA telah menerapkan Managerial System, Rapat Anggota sebagai kekuasaan tertinggi memilih Pengurus dan Pengawas dari Anggota untuk masa jabatan 5 (lima) tahun. Pengurus bertindak sebagai Policy Maker dan Pengawas Operasional serta hal-hal yang berhubungan dengan segi organisasi koperasi. Kegiatan operasional sehari-hari dikuasakan kepada Manager yang dibantu oleh beberapa staff.
Management setiap bulan mengadakan Rapat Pleno untuk evaluasi kerja bulan yang lalu dan menetapkan kebijakan yang akan ditempuh pada bulan yang akan datang. Badan Pengawas secara periodik melakukan pengawasan terhadap kebijakan pengurus sesuai keputusan Rapat Anggota. Pembinaan Anggota dilakukan dengan menunjuk salah satu anggota sebagai koordinator untuk tiap wilayah kerja, dengan mengadakan pertemuan dalam waktu tertentu untuk memfasilitasi keinginan dan harapan serta masukan-masukan dari para anggota.[3]

6.      Penerapan SMS Gateway di KOPENA
SMS gateway adalah layanan informasi online dari KOPENA, mulai diterapkan pada bulan Mei tahun 2014. Pada saat itu KOPENA hanya bisa mengirimkan SMS gateway ke nomor Indosat saja belum bisa mengirimkan SMS gateway ke nomor kartu operator lainnya. Nasabah dianjurkan menggunakan nomor Indosat yang didaftarkan untuk layanan SMS gateway dengan membagikan kartu perdana Indosat kepada nasabahnya. Setelah itu, pengembangan SMS gateway bisa mengirimkan SMS ke semua operator yaitu pada saat pencairan tabungan sariya pada tanggal 07 Juni 2014 SMS gateway diterapkan untuk semua produk baik simpanan maupun pembiayaan, yaitu transaksi dengan ketentuan nominal minimal Rp 50.000,-.
Sistem SMS gateway melalui nomor rekening SUKARELA, dimana semua rekening produk simpanan dan rekening produk pembiayaan menginduk pada satu nomor rekening yaitu rekening SUKARELA yang didaftarkan. Proses registrasinya yaitu dimulai dari pendaftaran tabungan atau pembiayaan baik nasabah datang sendiri atau melalui marketing akan dimintai nomor handphone dengan mengisi fomulir kesediaan layanan informasi online. CSO mendaftarkan SMS gateway dengan menginput data nasabah meliputi nomor handphone nasabah, data CIB (Customer Information Base),  dan nomor rekening sukarela nasabah.

7.      Produk-Produk dan Pelayanan Koperasi Pemuda Buana (KOPENA)
KOPENA merupakan Koperasi Serba Usaha (KSU) yang dalam kegiatan operasionalnya mempunyai beberapa unit usaha antara lain :
a.      Unit simpan pinjam Memobilisasi permodalan dari dan untuk anggota sebagai usaha bersama dalam rangka memenuhi kebutuhan para anggota menolong dengan berlandaskan sistem konvensional dan syariah.
Produk Simpanan
a.      Tabungan Sukarela Mudharabah Merupakan jenis tabungan yang fleksibel, dan aman yang dapat disetor setiap saat dan dapat diambil kapan saja di saat jam kerja, tidak dikenakan biaya ADM serta memperoleh bagi hasil yang menarik di setiap akhir bulan.
b.      Tabungan Ziarah Wadiah Merupakan tabungan secara periodik setiap bulan sekali dalam tempo selama 2 tahun, setiap peserta berkesempatan mengikuti ziarah ke makam walisongo, para aulia dan silaturrahmi ke para ulama terkemuka secara gratis, serta memperoleh souvenir menarik.
c.       Tabungan Simpanan Hari Raya (Sariya) Wadiah Merupakan jenis tabungan secara periodik seminggu sekali guna menyongsong dan mempersiapkan kebutuhan pada Hari Raya Idul Fitri, dimana pada akhir periode dana simpanan diterima secara utuh dan 6 berhak memperoleh bingkisan lebaran yang ditentukan KOPENA serta berkesempatan memperoleh doorprize hadiah utama yang menarik.
d.      Tabungan Haji dan Umroh KBIH Assalamah Kopena Merupakan tabungan untuk merencanakan, membantu dan memfasilitasi serta mewujudkan niat dalam rangka menunaikan rukun Islam ke 5 yakni melaksanakan ibadah Haji dan Umrah.
e.      Tabungan Manasuka harian Mudharabah Merupakan simpanan untuk mendukung dan memperlancar usaha secara aman dalam upaya menuai barokah.
f.        Tabungan Tamara Sebuah tabungan dengan jumlah setoran @ Rp. 50.000,- yang disetor setiap 1 bulan sekali. Jangka waktu pengambilan 24 bulan.
g.      Tabungan Jumpa wisata (Juwita)Wadiah Merupakan tabungan yang diatur secara arisan setiap bulannya 1 orang, uang tersebut dibagikan utuh dan dalam waktu tertentu, kemudian peserta dapat mengikuti wisata gratis.
h.      Tabungan Tastour Wadiah Merupakan tabungan secara berkelompok minimal terkumpul 50 peserta. Untuk mewujudkan pelaksanaan wisata secara gratis dimana pada akhir periode simpanan diterima secara utuh dan pelaksanaan serta tujuan dapat ditentukan bersama.
i.        Simpanan berjangka mudharabah Merupakan pilihan untuk berinvestasi secara aman dan halal dalam jangka waktu tertentu serta memperoleh bagi hasil yang menarik dan menguntungkan.
Produk pinjam atau pembiayaan
a.      Pembiayaan Mudharabah Merupakan pembiayaan dalam bentuk modal/ dana diberikan oleh KOPENA kepada nasabah untuk mengelola usaha yang telah disepakati bersama. Selanjutnya dalam pembiayaan ini nasabah dan KOPENA sepakat untuk berbagi hasil atas pendapatan usaha tersebut dengan prosentase berdasarkan kesepakatan bersama.
b.      Pembiayaan Murabahah Merupakan fasilitas penyaluran dana dengan sistem jual beli. KOPENA akan membelikan barang-barang halal apa saja yang anda butuhkan kemudian menjualnya kepada nasabah untuk diangsur digunakan untuk memenuhi kebutuhan usaha (modal kerja dan investasi) maupun pribadi.
c.       Pembiayaan Rahn Merupakan perjanjian penyerahan barang atau harta nasabah sebagai jaminan berdasarkan hukum gadai berupa emas/ perhiasan/ kendaraan.
d.      Pembiayaan Manasuka Harian Mudharabah Merupakan pembiayaan dengan sistem plafon. Setoran pengambilan dapat dilakukan setiap saat. Tanda pengambilan (TP) dibentuk sedemikian rupa dengan fungsi serba guna.

b.      Unit layanan bimbingan haji
Bimbingan haji di KOPENA oleh seorang ulama sepuh di Pekalongan diberi nama assalama, dengan harapan agar jama’ah yang mengikuti bimbingan haji mendapat perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT, demikian pula dengan pengelolaannya semata-mata demi kemaslahatan umat, khususnya memberikan bimbingan manasik haji kepada para anggota dan calon anggota sejak dari tanah air sampai bimbingan di tanah suci. Disamping itu juga melayani bimbingan umroh dan haji plus, bekerjasama dengan PT. Anubi tours dan trevel terpercaya di Jakarta, KBIH assalamah ditunjuk sebagai kantor pewakilan seeks-karisidenan Pekalongan.
c.       Unit jasa-jasa Pelayanan
Jasa yang diselenggarakan KOPENA antara lain pengurus surat-surat kendaraan bermotor (perpanjangan dan mutasi STNK, pembuatan SIM, IMB, SIUP, TDP, NPWP, pengurus Pasport dan berbagai macam akta, termasuk juga pengurusan pasport pakai buku.
d.      Unit perdagangan umum
Perdagangan umum yang dilakukan oleh KOPENA antara lain mengadakan saran perlatan kerja, barang-barang elektronik dan alat-alat rumah tangga yang pada umumnya masih menggunakan sistem angsuran, juga menyediakan perlengkapan dan oleh-oleh haji.
e.      Unit jasa konstruksi Awal
Unit ini adalah melaksanakan program pemerintah kota Pekalongan dan menpera. KOPENA dipercaya oleh pemerintah Pekalongan (kantor Bapermas dan KB) dan menteri perumahan rakyat untuk melaksanakan program rehap rumah miskin dan pembanguna rumah baru (rumah inti tumbuh) Alhamdulilah dapat berjalan dengan baik.

8.      Produk Simpanan Berjangka Suka-suka (SIMKA Suka-suka)
Produk SIMKA suka-suka merupakan simpanan berjangka yang dijalankan dengan menggunakan prinsip mudharabah. Simpanan berjangka minimal pengambilan 1 tahun dengan bagi hasil diberikan seluruhnya di muka/ pada saat akad dalam bentuk barang dengan perjanijian yang telah disepakati yaitu menggunakan akad mudharabah, dimana dalam hal ini anggota sebagai shahibul maal atau penyedia dana dan KOPENA sebagai mudharib atau pengelola dana. Berdasarkan akad ini KOPENA sebagai mudharib atau pengelola dana dapat menggunakan dana tersebut untuk kegiatan financing atau penyaluran dana dalam bentuk pembiayaan.
1.      Keistimewaan produk
a.      Sebagai investasi jangka panjang.
b.      Bagi hasil yang diberikan dimuka, dan berupa barang sesuai dengan nominal yang disetorkan. Barang yang didapat antara lain: Sepeda motor, 1 set home theater, laptop, HP/iPad, lemari es/ mesin cuci, sepeda lipat, kompor gas/ kipas angin/ magic com.
c.       Simpanan dapat dipergunakan sebagai jaminan pembiayaan.
d.      Tidak dikenakan biaya administrasi.
2.      Kelemahan produk
a.      Tidak dapat diambil sewaktu-waktu
b.      Nasabah tidak bisa mengambil uangnya kembali sebelum jatuh tempo.
3.      Syarat pembukaan SIMKA suka-suka
a.      Diperuntukan bagi angota, calon anggota, dan masyarakat.
b.      Mengisi formulir pembukaan rekening tabungan dikantor.
c.       Kartu identitas (KTP/SIM/Kartu Pelajar) yang masih berlaku.
d.      Jumlah simpanan minimal Rp 5.000.000
e.      Jangka waktu minimal 1 tahun.
f.        Dapat diperpanjang secara otomatis pada saat jatuh tempo.
g.      Dapat dipergunakan sebagai jaminan pembiayaan.
4.      Ketentuan-ketentuan dalam prosedur SIMKA suka-suka :
a.      Prosedur penyetoran simpan
·         Dengan cara menyetor langsung ke kantor-kantor KOPENA.
·         Menyetor  melalui marketing dengan sistem langsung datang ke kantor KOPENA.
b.      Prosedur penutupan rekening
·         Simpanan bisa diambil langsung atau diperpanjang sesuai keinginan nasabah dan dengan bilyet SIMKA.
·         Penutupan tidak dikenakan biaya administrasi.
c.       Permohonan simpanan:
·         Ketentuan umum
o   Simpanan dengan akad mudharabah merupakan simpanan dimana anggota sebagai shahibul maal dan KOPENA sebagai mudharib (pengelola dana), dalam hal ini KOPENA boleh menggunakan dana simpanan untuk kegiatan penyaluran dana melalui pembiyaaan, dan wajib memberikan bagi hasil atas pengelolaan dana tersebut.
o   Simpanan akan mengendap selama minimal 1 tahun dan tidak bisa di ambil secara sepihak.
o   Bagi hasil akan diberikan seluruhnya di muka/ pada saat akad dan tidak diberikan bagi hasil perbulan.
o   Sebagai buktinya KOPENA akan menerbitkan bukti kepemilikan berupa Bilyet SIMKA.
o   Penutupan rekening simpanan tidak dikenakan  biaya admnistrasi.
·         Penyetoran dan penarikan dana
o   Besarnya setoran ditentukan sesuai bagi hasil.
o   Setoran dapat dilakukan pada saat jam kerja.
o   Penarikan diambil setelah jatuh tempo.
o   Penarikan dapat dilakukan pada saat jam kerja. 

B.      Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan pada tanggal 16 Juni 2017 s.d 24 Juli 2017. Dengan ketentuan sebagai berikut :
1.      Waktu
Masuk Kantor                          : 07.50
Do’a sebelum kegiatan           : 07:50-08:00
Istirahat                                   : 12.00 – 13.00
Pulang Kantor                        : 16.00
Libur Kerja                              : Minggu (termasuk tanggal merah)
2.      Seragam atau Pakaian
Senin               : Bebas Almamater
Selasa              : Bebas Almamater
Rabu                : Bebas Almamater
Kamis              : Bebas Almamater
Jumat              : Bebas Almamater
Sabtu               : Bebas Almamater

Tabel Kegiatan PPL
            a. Tabel kegiatan Islakhul Qonitah
No.
Tanggal
Kegiatan PPL
1.
 02 januari 2018
Penerjunan PPL, Pemberkasan File-file pembiayaan, mengecek data file pembiayaan nasabah, melayani nasabah, membantu customer service .
2.
03 januari 2018
Mengecek data file pembiayaan, pemberkasan file-file pembiayaan , melayani nasabah
3.
04 januari 2018
Pelatihan Pembuatan akad pembiayaan, pemberkasan file pembiayaan, melayani nasabah
4.
05 januari 2018
Pembuatan akad pembiayaan, melayani nasabah
5.
06 januari 2018
Mengecek berkas pembiayaan, melayani nasabah
6.
07 januari 2018
Libur
7.
08 januari 2018
Mengecek berkas pembiayaan, Melayani nasabah di teller, Mencocokan jumlah fisik uang sesuai dengan saldo akhir kas di teller
8.
09 januari 2018
Mengecek berkas pembiayaan, Melayani nasabah di teller, Membantu mengecek formulir pendaftaran nasabah baru, Mencocokan jumlah fisik uang sesuai dengan saldo akhir kas di teller
9.
10 januari 2018
ikut marketing
10.
11 januari 2018
Penataan berkas pembiayaan, melayani nasabah
11.
12 januari 2018
Penataan berkas deposito nasabah, melayani nasabah
12.
13 januari 2018
Sakit
13.
14 januari 2018
Libur
14.
15 januari 2018
Membantu CS dalam melayani nasabah, mengecek berkas syarat menjadi nasabah baru
15
16 januari 2018
Melayani nasabah di Teller,
16.
17 januari 2018
Melayani nasabah di Teller,
17.
18 Januari 2018
Melayani nasabah di Teller,
18.
19 Januari 2018
Mengecek berkas pembiayaan, Mengisi dokumen permohonan cheklist dan memorandum pembiayaan, menghitung uang,
19.
20 Januari 2018
Menata akad, mengisi pembuatan rekening tabungan, ikut marketing ke rumah nasabah dan pasar
20.
21 Januari 2018
libur
21.
22 Januari 2018
sakit
22.
23 Januari 2018
sakit
23.
24 Januari 2018
sakit
24.
25 Januari 2018
Melayani nasabah di Teller, Menata laporan keuangan harian di Teller
25.
26 Januari 2018
Melayani nasabah di Teller, Menata laporan keuangan harian di Teller
26.
27 Januari 2018
Pemberkasan file file pembiayaan, mengecek nasabah yang belum lunas, Menata laporan keuangan harian di Teller
27.
28 Januari 2018
Libur
28.
29 Januari 2018
Melayani nasabah di Teller, Menata laporan keuangan harian di Teller
29.
30 Januari 2018
Membuat laporan data tunggakan nasabah, melengkapi formulir tabungan nasabah, mengarsip data nasabah baru
30.
31 Januari 2018
Menata slip, Ikut marketing, menghitung uang, mengisi slogan nasabah, menyusun akad
31.
01 februari 2018
Melayani nasabah di Teller
32.
02 februari 2018
Melayani nasabah di Teller dan penarikan PPL

         

C.      Pembahasan
KOPENA adalah lembaga keuangan dalam opersaional hariannya selalu menyediakan layanan maupun simpanan untuk masyarakat. Karena kedua hal tersebut merupakan sisi urgent dari sebuah lembaga pelayanan keuangan. Demkian juga dengan KOPENA yang sudah begitu dikenal di masyarakat yang dalam satu harinya melayani transaksi baik pembiayaan maupun simpanan. Produk simpanan KOPENA mencoba mengkomodisi semua keperluan masyarakat sesuai dengan jangka waktu yang dibutuhkan masyarakat. Dengan pola jemput bola KOPENA menyiapkan petugas-petugas marketing yang sangat profesional dan familiar untuk menerima setoran maupun  pengembalian simpanan.
KOPENA ini terletak dialokasi yang strategis yaitu dekat dengan jalan raya dan juga dekat dengan pusat kegiatan ekonomi (pasar). KOPENA ini juga memberikan pelayanan yang cukup baik yang memang diinginkan oleh nasabah yang berada digolongan ekonomi menegah kebawah, antara lain dengan layanan antar jemput  pelayanan setoran dan penarikan uang (jemput bola) serta memberikan layanan infosrmasi tentang produk-produk KOPENA.
1.      Job Description
a.      Kepala Cabang , Tugas:
·         Bertanggung jawab atas kelancaran operasional perusahaan sesuai dengan rencana kerja tahunan yang disusun direksi dan diketahui Dewan Komisaris.
·         Bertanggung jawab atas pemasaran produk, pengelolaan keuangan dalam hal penghimpunan dan pelepasan dana.
·         Berwenang menandatangani Cek dan Bilyet Giro, Bilyet Deposito, Perjanjian pembiayaan dengan pihak ketiga berdasarkan ketetapan dewan komisaris
·         Berwenang melakukan survey calon debitur dan memutuskan pembiayaan sesuai wewenang komite pembiayaan yang ditetapkan dewan komisaris.
·         Bertanggung jawab terhadap perekrutan, pengembangan, peningkatan kemampuan kerja (kompetensi), kesejahteraan dan pemberhentian SDM Bank.
b.      Customer Service, Tugas:
·         Memberikan pelayanan kepada nasabah yang berkaitan dengan pembukaan rekening tabungan, pembukaan deposito, permohanan nasabah lainya.
·         Memberikan informasi sejelas mungkin mengenai berbagai produk dan jasa yang ingin diketahui dan diminati kepada nasabah atau calon nasabah.
·         Menerima, melayani, dan mengatasi permasalahan yang disampaikan oleh nasabah sehubungan dengan ketidakpuasan nasabah atas pelayanan yang diberikan oleh pihak bank.
·         Mengadministrasikan daftar hitam Bank Indonesia dan daftar rehabilitasi nasabah serta file nasabah.
·         Memberikan informasi tentang saldo dan mutasi nasabah.
·         Mengadministrasikan buku tabungan.
·         Memperkenalkan dan menawarkan produk dan jasa yang ada dan yang baru sesuai dengan keinginan dan kebutuhan nasabah.
c.       Teller, Tugas:
·         Membuat laporkan posisi kas di tangan dan di posisi saldo akhir pada bank.
·         Melakukan pengeluaran uang yang telah disetujui oleh kepala cabang.
·         Mengelola kas kecil.
·         Bertanggung jawab atas pelayanan nasabah dalam hal transaksi uang tunai baik menerima uang penyetoran tabungan, deposito, angsuran pembiayaan, ataupun pengeluaran uang untuk penarikan tabungan, deposito, pencairan dan pengeluaran lainnya yang berhubungan dangan kantor.
·         Memasukkan mutasi ke lembaran buku mutasi teller untuk kas masuk pada penerimaan untuk kas keluar pada pembayaran. Semua  mutasi disertai dengan bukti atau  slip.
·         Memberi tanda redmark untuk setiap slip setoran atau penarikan tabungan.
·         Menerima, menyusun dan menghitung uang secara cermat dan hati-hati setiap setoran tunai dari nasabah dan penarikan tunai untuk nasabah.
·         Melakukan penyortiran terhadap uang masuk dan keluar.
·         Mengatur dan menyiapkan pengeluaran uang tunai untuk kepentingan dropping dana pembiayaaan dan lain-lain yang telah disetujui oleh bagiannya.
·         Membuat laporan pertanggung jawaban kas pada akhir hari.
·         Mencocokan jumlah fisik uang sesuai dengan saldo akhir kas.
·         Mengecek slip setoran maupun pengeluaran sesuai dengan jumlah uang dan pada buku mutasi teller.
·         Membuat jurnal pada akhir kas.
·         Pada akhir dan awal hari laporan pertanggung jawaban kas oleh teller dimintakan tanda tangan kepada kepala cabang sebagai periksa atas kondisi uang.
·         Teller harus mencocokan tanda tangan pada slip penarikan tabungan dan deposito dengan kartu tanda tangan yang ada.
·         Tiap akhir hari mencetak mutasi kas teller dan laporan pertanggung jawaban kas dan mengarsipkan
d.      Marketing, Tugas:
·         Melakukan penjemputan setoran simpanan atau angsuran pembiayaan.
·         Memastikan angsuran yang dijemput sesuai dengan waktunya.
·         Menyiapkan peralatan administrasi yang dibutuhkan untuk menjembut simpanan dan angsuran.      
·         Memastikan tidak ada selisih antara dana yang dijemput dengan dana yang disetorkan di kantor.
·         Menawarkan produk produk Bank kepada nasabah baru
2.      Kegiatan Mahasiswa PPL di Kopena pada Setiap Bagian
a.    Islakhul Qonitah
1)      Membantu tugas Kepala Cabang
-       Merekap laporan bulanan Pembiayaan yang belum lunas bulan Oktober, November dan Desember dengan menggunakan MS. Excel.
-       Merekap data pengajuan pembiayaan+pembiayaan lunas pada periode bulan januari kedalam sebuah buku guna mempermudah pendataan.
-       Menyaksikan bagaimana jalannya akad ketika pengajuan pembiayaan.
2)        Membantu tugas bagian Customer Service
-       Diberi tugas melengkapi formulir nasabah yang belum lengkap.
-       Mengecek marketing simpanan berjangka yaitu melakukan pengecekan satu persatu terhadap nasabah milik marketing yang masih memiliki tunggakan, lalu data itu akab direkap.
-       Merekap data nasabah baru ke dalam sebuah buku yang berisi data-data nasabah.
3)        Membantu tugas bagian Admin
-       Mengisi form pengajuan pembiayaan yaitu melengkapi data dari nasabah pembiayaan berupa data diri nasabah, alamat lengkap, kelengkapan jaminan pembiayaan dll.
-       Merekap data pengajuan pembiayaan yang sudah di acc maupun yang tidak di acc.
4)        Membantu tugas bagian Marketing Pembiayaan dan Marketing Tabungan.
-       Penarikan tabungan ke rumah nasabah bersama marketing. Di sana saya melakukan penarikan uang tabungan milik nasabah dan membantu melakukan pencatatan serta pengecekan uang, sehingga tidak terjadi kesalahan.
-       Prospek nasabah baru, tugas marketing juga mencari nasabah baru agar mau bergabung dengan Kopena untuk menabung maupun untuk pembiayaan.
-       Mengajarkan bagaimana cara menghadapi nasabah yang komplain.



BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

A.     KESIMPULAN
Selama praktek magang di KOPENA, para peserta magang diberi pengetahuan tentang cara kerja di KOPENA. Para peserta dibimbing untuk mempraktekan secara lagsung tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh seorang karyawan. Dengan praktek tersebut, para peserta telah mendapatkan ilmu pengetahuan tentang sistem kerja disuatu lembaga keuangan, yang selama ini jarang didapatkan dibangku kuliah.
Berdasarkan pengamatan peserta magang ,maka dapat disimpulkan:
a)      Implementasi sistem perbankan syariah dalam operasional KOPENA Sudah sangat baik, sehingga perlu dipertahankan.
b)      Misi sosial KOPENA sudah dilakukan, dan penyalurannya pun juga sudah baik.
c)      Hubungan antara nasabah dengan karyawan KOPENA tidak hanya sekedar hubungan debitur saja, tetapi juga hubungan kekeluargaan.
B.      SARAN
a)      Megingat manfaat program praktek/magang dan antusiasme mahasiswa, hendaknya program ini dapat dilanjutkan secara berkesinambungan agar mahasiswa dapat mempraktekkan secara propfesional.
b)      Bagi pihak akademik diharapkan untuk lebih banyak memberikan praktek-praktek yang mendukung teori perkuliahan, agar mahasiswa dapat mengembangkan ilmu yang diperoleh.
c)      Perlu adanya sosilaisai kepada masyarakat luas megenai sistem perekonomian islam. Hal ini karena selama ini masyarakat lebih dulu mengenal sistem perbankan berbasis bunga, sehingga mereka diharapkan tidak akan asing lagi dengan keberadan KOPENA dan lembaga-lembaga keuangan syariah lainnya.
d)      Dukungan masyarakat islam sangat diaharapkan guna mendukung berkembangannya sistem perekonomian Islam.
e)      Melakukan PPL dalam waktu 30 hari dimungkinkan belum maksimal dalam melakukan kegiatan di kantor lapangan.







LAMPIRAN
Diberikanya kenang-kenangan kepada pihak Kopena Cabang Kusuma Bangsa
Diberikanya Kenang-kenangan oleh Mahasiswa  PPL di Pusat KOPENA





[1] Brosur Company Profile Koperasi Pemuda Buana (KOPENA) Pekalongan
[2]
[3] http://www.kopena.co.id, diakses Selasa, 27 Februari 2018 Pukul 10.35 WIB


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKALAH

MATERIAL HANDLING

MATERIAL HANDLING DAN TIPE TIEP LAYOUT SERTA PENENTUAN LAYOUT SECARA MAKSIMAL  Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Tugas pada Mata Kuliah M...